Beranda » Twitter Merilis Community, Pesaing Grup Facebook

Twitter Merilis Community, Pesaing Grup Facebook

Twitter memang semakin giat untuk mengumumkan pengembangan fitur baru untuk memberikan kenyamanan pengguna dalam berinteraksi.

Minggu ini, Twitter resmi mengumumkan fitur baru di layanan jejaring sosialnya. Fitur baru ini merupakan Communities Twitter.

Sesuai namanya, fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk mengundang sejumlah teman kalian ke dalam sebuah grup, jadi bisa berinteraksi lebih intensif secara berkelompok.

Fitur communities ini juga terbilang mirip dengan grup di Facebook yang dirancang dengan meningkatkan kedekatan komunikasi dengan sesama pengguna lainnya.

Sama seperti Grup Facebook dan Reddit, Communities di Twitter juga punya moderator yang berperan sebagai pengendali utama grup.

Moderator bisa memiliki siapa pun untuk berpartisipan yang bisa bergabung menjadi anggota di dalam grup itu.

Selain itu, moderator juga bisa membuat aturan khusus maupun memblokir anggota yang kira – kira akan melakukan tindakan yang di luar batas.

Anggota grup bisa membuat tweet secara langsung yang ditunjukkan ke anggota lain, bukan hanya sebatas untuk followers mereka saja.

Tapi, tweet itu Cuma bisa di comment serta di like oleh sesama anggota yang tergabung di dalam grup yang sama.

Untuk sementara, pengguna Twitter yang mau menjadi anggota grup di communities saat ini Cuma bisa masuk ke dalam grup melalui jalur undangan.

“Communities saat ini hanya bisa diakses melalui undangan. Kami sedang berupaya mencari cara agar pengguna bisa menemukan dan bergabung sebagai anggota di komunitas yang mereka mau.” Kata Twitter dalam sebuah pernyataan.

Menurut Twitter, fitur communities akan membantu pengguna untuk menemukan kelompok teman yang baru, berpartisipasi ke dalam sebuah grup obrolan yang relevan, dan berbagi informasi tertentu kepada orang – orang pilihan.

Setiap komunitas di Twitter akan mempunyai moderator sendiri yang bisa menetapkan aturan, mengundang peserta, serta mengeluarkan peserta dari komunitas.

Awalnya, Twitter nanti akan mengundang beberapa pengguna untuk membuat komunitas pertama serta akan memberikan izin bagi siapapun yang ingin mendaftar dan membuat komunitas sendiri.

Namun, fitur Communities ini masih terbatas pada pengguna atau akun yang diundang oleh komunitas saja.

Jadi, pengguna masih akan kesulitan untuk menemukan serta bergabung dengan komunitas yang mereka mau.

Di IOS, fitur communities bisa dijumpai pada bagian bawahnya, tepat di samping kiri tab “Notifications” sedangkan untuk versi web nya, tab communities ada di sampir kiri dan sejajar dengan tab lainnya.

Twitter berkata bahwa fitur communities saat ini belum tersedia untuk pengguna berbasis Android. Peluncuran fitur ini merupakan langkah yang benar bagi Twitter agar bisa menaungi aktivitas komunitas di platformnya.

Karena, banyak akun base berbasis komunitas yang muncul di Twitter dengan pengikut yang sangat banyak.

armscentre

Kembali ke atas