Beranda » Instagram Akan Ganti Swipe Up Dengan Stiker

Instagram Akan Ganti Swipe Up Dengan Stiker

Swipe up selama ini banyak digunakan oleh kalangan bisnis dan creator di Instagram untuk mengarahkan pengguna Instagram Stories ke laman web untuk mengetahui lebih banyak informasi tentang suatu hal yang dipromosikan.

Seperti diketahui, fitur swipe up di Stories memungkinkan kreator dan bisnis untuk mengarahkan followers-nya ke situs eksternal, misalnya ke produk jualan mereka, membaca artikel, atau apapun yang sedang dipromosikan.

Sebagai gantinya, pengguna Instagram bisa menggunakan Link Sticker untuk menambahkan link di Stories. Instagram mengungkap stiker ini sudah diuji coba secara terbatas sejak bulan Juni. Tapi pada 30 Agustus, fitur ini akan digulirkan secara lebih luas.

Mulai 30 Agustus nanti, fitur khas tersebut akan dipensiunkan oleh Instagram. Sebagai gantinya, Instagram mengatakan creator yang sebelumnya sudah mendapatkan fitur swipe up akan bisa menggunakan stiker yang memuat link.

Bentuknya berupa stiker yang biasa digunakan di Stories. Dengan begitu, alih – alih melakukan Gerakan swipe up, penonton Instagram stories nantinya harus mengetuk stiker tersebut untuk mengunjungi lama creator yang bersangkutan.

Beberapa pengguna Instagram yang sudah memiliki akses untuk swipe up mulai menerima notifikasi soal pergantian ke stiker link ini. Salah satunya YouTuber Sam Sheffer yang mengunggah notifikasi tersebut ke Twitter.

Peralihat dari swipe up ke stiker ini diumumkan lewat notifikasi yang muncul di akun Instagram creator, seperti dungkap oleh peneliti aplikasi Jane Manchun Wong yang kemudian diamini oleh Youtuber Sam Sheffer.

Walaupun sudah mendapat notifikasi, namun Wong mengaku belum menemukan stiker link yang dimaksud di dalam menu Stories.

Instagram sebenarnya sudah mulai menguji coba fitur stiker yang memuat tautan ke website sejak Juni lalu.

Dibandingkan mekanisme swipe up, penggunaan stiker untuk memuat tautan menawarkan kelebihan tersendiri. Misalnya, kreator bisa memilih aneka bentuk dan ukuran stiker, lalu menempatkannya di mana saja di dalam konten Stories untuk meningkatkan engagement.

Kabarnya, Instagram sedang mempertimbangkan untuk menyediakan fitur stiker link bukan hanya untuk kalangan bisnis atau kreator yang sudah memiliki privilege swipe up saja, tapi juga pengguna lain secara umum.

“Link swipe up akan segera menjadi stiker. Mulai 30 Agustus, link swipe up akan ditiadakan. Untuk menambahkan link ke story, gunakan stiker link baru,” tulis notifikasi yang didapatkan Sheffer dari Instagram, seperti dikutip dari The Verge, Selasa 24 Agustus 2021.

Peneliti aplikasi Jane Manchun Wong juga melaporkan hal yang sama lewat Twitter. Tapi ia mengatakan belum menemukan opsi stiker link di pilihan stiker Instagram Stories dan khawatir akan kehilangan akses untuk menambahkan link ke Stories.

Instagram mengatakan mereka akan mulai mengalihkan pengguna yang saat ini bisa mengakses link swipe up ke Link Sticker mulai 30 Agustus. Ini akan mencakup bisnis dan kreator, baik yang telah mendapatkan centang biru atau sudah memiliki jumlah followers yang ditentukan.

Saat ini hanya pengguna yang telah memiliki setidaknya 10.000 followers yang bisa mendapatkan akses untuk menambahkan link di Stories.

Dengan fitur Link Sticker, Instagram berencana memperluas akses fitur ini ke semua pengguna, tanpa ada batas minimal followers yang harus dimiliki.

Tapi untuk saat ini Instagram mengatakan hanya orang-orang yang sudah memiliki akses untuk fitur swipe up yang akan menerima opsi stiker link. Mereka masih akan mengevaluasi apakah fitur ini akan digulirkan secara lebih luas, dan update ini akan membantu mereka mengambil keputusan.

armscentre

Kembali ke atas