Beranda ยป Cara Membuat Laptop atau Komputer Jadul Lebih Ngebut.

Cara Membuat Laptop atau Komputer Jadul Lebih Ngebut.

Komputer saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia, sangat jarang sekali manusia yang tidak menggunakan computer, apalagi mereka yang tinggal di perkotaan.

Biasanya sebuah computer dapat digunakan dengan waktu yang sangat lama, bahkan bisa 10 tahun  tergantung kebutuhan dari penggunanya.

Namun meskipun dapat bertahan hingga 10 tahun, tentunya akan ada penurunan performa yang sangat lazim terjadi karena termakan usia.

Tentunya penurunan performa tersebut akan berimbas kepada kinerja computer yang menjadi lemot.

Computer yang lemot sendiri juga sebenarnya tak hanya terjadi pada computer yang sudah tua, pada computer baru juga bisa demikian.

Factor dasarnya adalah computer baru tersebut menjalankan aplikasi yang tak sesuai dengan spesifikasi yang dimilikinya dan berakibat menjadi lemot.

Hal tersebut tentunya sangat menyebalkan, apalagi kita ingin menggunakannya disaat yang penting, namun tertunda karena harus menunggu proses-proses yang tak kunjung selesai.

Membeli computer baru adalah solusi paling ringkas untuk permasalahan diatas, tapi harga computer sekarang ini tidaklah mudah.

Jika kamu memang sanggup untuk membeli sebuah computer, namun sebaiknya kamu mencoba sedikit tips dibawah yang akan kami bahas.

Tips ini akan berguna untuk memberdayakan computer lama kamu agar tetap dapat digunakan, dan juga mengurangi sampah elektronik.

Mungkin saja dengan mengikuti tips dibawah ini, computer kamu masih bisa menjalankan tugas-tugasnya sesuai user, yuk disimak.

Saat computer kamu dinyalakan, tentunya system akan menjalankan beberapa program yang berjalan dibalik layar dan secara otomatis tentunya.

Terlalu banyak program yang akan dijalankan tentu akan membuat computer tersebut menjadi lambat.

-Klik Start -> Run atau tekan Win + R

-Ketik msconfig lalu tekan enter

-pilih Tab Startup

-hilangkan checklist pada program yang tidak ingin dijalankan pada saat startup.

-kamu bisa memilih opsi disable all untuk men-unchek semua program, tapi hal tersebut tidak disarankan untuk dilakuan. Beberapa program misalnya antivirus, sebaiknya dijalankan saat startup.

Penyebab kedua yang sangat mungkin terjadi adalah penuhnya kapasitas penyimpanan karena penggunanaan yang lama.

Kapsistas hardisk lama biasanya tak sebesar yang seperti sekrarang ini, dan ditambah update windows terus menerus dan juga beberapa aplikasi mengalami update.

Sehingga setiap aplikasi maupun windows mengambil space penyimpanan yang semakin banyak dan akhirnya penuh.

Harddisk yang penuh juga nantinya akan berpengaruh pada kinerja sebuah computer, kerugian yang ditimbulkan adalah menjadi lemot bahkan bisa merusak harddisk.

Solusinya adalah kamu bisa membeli usb, ataupun penyimpanan eksternal seperti HDD, lalu setelahnya kamu perlu membackup data-data yang berukuran besar ke dalam sana.

Apabila kamu tidak rela mengeluarkan uang yang cukup mahal untuk membeli HDD, saat ini google juga sudah menyediakan layanan penyimpanan berbasis cloud, yaitu Google Drive.

Langkah ketiga ini merupakan langkah yang bisa dikatakan paling bekerja diantara yang lain, yaitu dengan mengupgrade beberapa komponen.

Kamu bisa menambah kapasitas RAM kamu, RAM sendiri merupakan penyimpan data yang bersifat sementara, data tersebut dikirim dari processor.

Apabila RAM terlalu kecil, namun limpahan data dari processor terlalu banyak, maka mengakibatkan RAM akan kesulitan karena banyak data yang harus disimpan dan berefek pada lemotnya computer.

Tentunya kamu bisa menguranginya dengan tidak membuka banyak program secara bersamaan, atau kamu bisa melakukan upgrade dengan menambah kepingan RAM, kami sangat menyarankan agar konfigurasi RAM diubah menjadi dual channel.

Upgrade selanjutnya yang bisa kamu lakukan dan dijamin pasti akan membuat computer kalian terasa seperti computer jaman sekarang.

SSD adalah jawabannya, SSD sendiri merupakan sebuah perangkat memori yang fungsinya sama seperti  HDD yaitu untuk menyimpan data.

SSD sendiri memiliki kinerja yang sangat jauh dari HDD, karena SSD tidak menggunakan piringan didalamnya tetapi menggunakan chip yang akan membuat pencarian dan pemrosesan lebih cepat.

Saat ini SSD juga sudah banyak dijual dengan harga yang murah, misalnya untuk 1TB SSD SATA dijual dengan harga 2 juta Rupiah.

Kira-kira itulah tips agar computer lebih ngebut. Semoga membantu ya.

armscentre

Kembali ke atas